blog-img-10

Posted by : admin

Sosialisasi Pemuktakhiran Data IDM Tahun 2024 dan Indeks Desa

Selasa/7 mei 2024 Auditorium Kantor Bupati Pasamaan Barat
Acara dimulai jam 8.30 Yang di hadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayan masyarakat dan Nagari, Kabid, Psm Ahli Muda, TA P3MD, PDTI, PD, PLD.Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat yang di Wakili oleh Irwan, S.Pd sebagai Kepala Penataan Nagari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Irwan menyampaikan dalam kata sambutannya agar mempercepat penginputan IDM dan harus selesai 30 juni. Bagi Pendamping Desa agar bekerja keras mendampaingi nagari terkhusus bagi nagari pemekaran yang baru defenitif dan selanjutnya Irwan, S.Pd membuka secara resmi Sosialisasi Pemuktakhiran Data IDM tahun 2024 dan Indeks Desa


Dan kata sambutan dilanjutkan Yusriani, ST sebagai Koordinator Kabupaten Tenaga Ahli P3MD menyampaikan terima kasih kepada DPMN yang sudah memfasilitasi kami Pendamping Desa dalam peningkatan kapasitas Pendamping Desa (PD) & Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Indeks Desa agar PD dan PLD kami bisa memfasilitasi Wali Nagari dan mendampingi pengisian Kuesioner IDM yang sangat penting untuk pertama penentuan perencanaan nasional dan daerah, kedua penentuan alokasi Dana Desa tahun 2025, dan penyusunan kebijakan dalam menyusun regulasi. Harapan kami dengan adanya singkroninasi lintas sektor sehingga ini terlaksana dengan baik dan sesuai batas waktu yang ditentukan pada bulan juni sudah tersampaikan ke pusat melalui Kementrian Desa ke Dirjen Perbendaharaan di Kementrian Keuangan.


Dilanjutkan Eksa Rahmayanti, SE, MM sebagai PSM Ahli Muda di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari kabupaten Pasaman Barat IDM sudah dimulai dari tahun 2016 sampai 2018 dari 19 Nagari ada 1 Nagari tertinggal. Di tahun 2023 dari 90 Nagari yang sudah defenitif ada 5 Nagari yang statusnya tertinggal.


Setelah acara dibuka Netra Ekawati. ST, M.Si sebagai TA PM P3MD menjelaskan sosialisasi Indeks Desa, Manfaat Indeks Desa dan Tujuan Indeks Desa.
Setelah itu Yosi Angelia, S.Pd.i menjelaskan secara lebih jelas tentang pengisian IDM #Source"Handoko"#