blog-img-10

Posted by : admin

DPMN Pasbar Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Siskeudes

Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) melaksanakan Sosialisasi Penatausahaan Keuangan Nagari Berbasis Aplikasi Siskeudes se-Kabupaten Pasaman Barat yang dimulai dari tanggal 10 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2023 dan diikuti oleh 90 nagari yang ada di Pasbar.

Kepala Dinas melalui Sekretaris DPMD Syaikhul Putra saat pembukaan sosialisasi pada Selasa (10/10) di Auditorium Kantor Bupati Pasbar menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nagari terkait penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam pengelolaan keuangan nagari.

"Berhubung Pasbar memiliki 90 nagari, setelah didefinitifkan sebanyak 71 nagari maka rasanya perlu diperkenalkan pengelolaan keuangan melalui aplikasi Siskeudes. Sehingga nantinya tidak terkendala di kemudian hari terhadap pengelolaan keuangan di nagari," jelasnya.

Menurut Syaikul Putra Aplikasi Siskeudes sangat membantu pemerintah nagari dalam proses pengelolaan keuangan, baik dalam penyusunan APB nagari, pelaksanaan, penata usaha, pelaporan dan pertangungjawaban.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan itu dapat meningkatkan pemahaman pemerintah nagari dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan desa dengan Siskeudes berbasis online. Ia juga berharap dengan dilakukannya sosialisasi tersebut, peserta bisa lebih memahami dan mengerti sehingga dapat direalisasikan di nagari serta pengelolaan aplikasi dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses.

“Semoga di kemudian hari tidak banyak yang memiliki pertanyaan terhadap penggunaan Aplikasi Siskeudes ini, maka dari itu pahami dengan baik penjelasan dari operator Siskeudes Pasbar sehingga nanti dalam pengelolaan aplikasi dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini adalah untuk mewujudkan keuangan yang bersih dan tertib di seluruh nagari se-Kabupaten Pasbar, mengingat jumlah dana yang dikelola di 90 nagari di Kabupaten Pasbar sangat besar dan bervariasinya tingkat SDM Nagari," ucap Syaikhul Putra.