Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : admin

PERTEMUAN ISKADA KABUPATEN PASAMAN

 Jum’at/24 Juni 2022   

Pertemuan bulanan Iskada di pusatkan di hall Lantai III Kantor Bupati Pasaman yang dilanjutkan dengan kegiatan pameran dan bazar di balairung rumah dinas bupati serta kunjungan ke objek wisaya Tuanku Imam Bonjol. Pertemuan ini merupakan agenda bulanan para isteri kepala daerah yang juga diikuti ketua BKOW Sumbar, Ketua GOW, Ketua Dekranasda, Ketua Dharmawanita, serta Ketua Bundo Kanduang se  Sumatera Barat.

Sambutan Bupati Pasaman, Beni Utama

   Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Pasaman menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Ketua TP.PKK Provinsi Sumatera, Ketua TP.PKK Kabupaten/Kota Se Provinsi Sumatera dan para undangan yang berbahagia di Kabupaten Pasaman. Pemerintah Kabupaten Pasaman sangat berterima kasih telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana pertemuan isteri Kepala daerah kabupaten/kota seluruh Sumatera Barat. Disebutkan, dengan kegiatan tersebut memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Pasaman, terutama dalam menunjang visi dan misi pemerintah daerah di sector kepariwisataan maupun sector lainnya. Bupati Benny Utama menjelaskan sejumlah objek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan di Pasaman, dengan ragam keunikan masing-masing.

   Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Susi Benny Utama, menyebutkan terkait program usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Pasaman, telah mampu memproduksi aneka kerajinan barang yang berkualitas tinggi dari barang bekas yang diperoleh dari bank sampah. Produk ini telah mulai dipasarkan bekerjasama dengan Dekranasda. Barang UP2K ini diantaranta adalah Tempat Tisu, Vas Bunga. Lebih lanjut Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pencegahan stunting GOW Pasaman telah melaksanakan Gerakan-gerakan “Ibu Bangsa”. Sementara Gerakan Dharmawanita (DWP) Kabupaten Pasaman untuk bidang ekonomi telah melaksanakan kegiatan bekerjasama dengan BLK, dalam pertemuan pembinaan pengrajin batik dengan motif batik ikan khas Pasaman. “motif ini terisnpirasi dari ikon Pasaman sebagai produsen ikan terbesar di Sumatera Barat”.

Wakil ketua TP.PKK Provinsi Sumatera Barat, NY. Fitria Amalia Audy Joinaldy dalam kegiatan pertemuan Iskada ini memberikan bantuan korban bencana Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, sebesar Rp. 160 juta. Penyerahan bantuan diserahkan secara virtual kepada Perwakilan ACT Sumatera Barat, disaksikan oleh para anggota Iskada Sumbar, Ketua TP.PKK KAbupaten Lumajang dan Ketua TP.PKK Jawa Timur. Bantuan ini merupakan wujud keprihatinan dan kepedulian, sekaligus turut merasakan duka masyarakat Lumajang yang tengah di timpa musibah.

    Pertemuan Istri Kepala Daerah di Pasaman diwarnai berbagai kegiatan penampilan keseniaan tari tradisonal Minang yang dibawakan sanggar seni binaan TP.PKK Kabupaten Pasaman. Para tamu juga diajak mengunjungi Museum Tuanku Imam Bonjol, sekaligus melihat ragam bunga kaktus yang di pajang di pelantaran museum.

Dalam penyampaian Informasi yang disampaikan oleh Sekretaris TP.PKK Provinsi Sumatera Barat, NY. Neni Darlis disampaikan bahwa kegiatan Lomba Gerakan PKK ke 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat telah dilaksanakan. Kedepannya kegiatan TP.PKK Kabupaten/Kota se Sumatera Barat adalah kegiatan Jambore PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 Juli 2022 bertempat di Kabupaten Agam. Adapun perlombaaan nya adalah, Pj. Sekretaris Lomba Yel-Yel dan Mars Dasawisma, Pj. Pokja 1 yaitu sosio drama Pencegahan kekerasan seksual pada anak, Pj. Pokja 2 yaitu stand UP2K, Pj. Pokja 3 yaitu peragaan busana kerja yang akan diperagakan oleh Ketua TP.PKK Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Sedangkan Pj. Pokja 4 penanggulangan bencana. Secara teknis tentang petunjuk lomba akan di kirimkan melalui WA Group Sekretaris PKk Sesumatera Barat. Selanjutnya dalam waktu dekat akan dilaksanakan peningkatan kapasitas Sekretariat, pokja 1, 2 dan 3. Sedangkan Pokja 4 sudah dilaksanakan pada Senin dan Selasa sebelumnya.