Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : adminppm

Percepatan Realisasi Penyerapan Dana Desa, DPMN melakukan monitoring ke Nagari Lingkuang Aua

Percepatan Realisasi Penyerapan Dana Desa, DPMN melakukan monitoring ke Nagari Lingkuang Aua

 

Rabu, 21 September 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari melalui Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Halomoan, S.Sos melakukan monitoring percepatan realisasi Dana Desa Tahun 2022 di Nagari Lingkuang Aua. Kabid PPM didampingi Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda, Riko Anjuja, S.IP, Admin Aplikasi Siskeudes, Eka Kurniawan, ST, dan Operator Aplikasi Prodeskel/Epdeskel, Handoko Pratama, S.AP.

Kehadiran Tim diterima oleh Pj. Wali Nagari Lingkuang Aua, Hendra Mulyakna beserta Perangkat Nagari Lingkuang Aua, antara lain, Sekretaris Nagari, Kasi Kesejahteraan, Kaur Keuangan, Operator Siskeudes.

Halomoan menyampaikan bahwa kondisi per tanggal 21 September 2022, realisasi penyerapan Dana Desa Nagari Lingkuang Aua masih pada angka 63%, artinya masih membutuhkan percepatan untuk mendapatkan angka 90%, karena persyaratan penyaluran Tahap III Reguler menyaratkan 90% realisasi anggaran dan 75% capaian keluaran. Nagari Lingkuang Aua juga salah satu dari 7 Nagari yang belum melaksanakan Musna Perencanaan Pembangunan Nagari Tahun 2023. Beliau meminta agar Pemerintah Nagari dan Bamus mengambil langkah-langkah strategis untuk percepatan kegiatan dan tahapan pembangunan Tahun 2023.

Kasi Kesejahteraan menyampaikan bahwa ada kendala dalam pelaksanaan kegiatan fisik di Nagari, terkait kenaikan harga material bangunan, lalu disarankan agar Pemerintah Nagari Lingkuang Aua mempedomani Perbup Nomor 4 Tahun 2020. Hal ini dikuatkan dengan Surat Inspektorat terkait kenaikan harga material untuk kegiatan pembangunan nagari. Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penentuan HPS, Survey Harga Pasar dan implementasi Aplikasi Siskeudes Online.

Operator aplikasi Prodeskel/Epdeskel DPMN, Handoko Pratama meminta agar Nagari Lingkuang Aua melengkapi isian yang ada di Aplikasi Prodeskel maupun Epdeskel.

Pj Wali Nagari beserta perangkat berjanji akan menindaklanjuti semua arahan yang disampaikan oleh DPMN Pasaman Barat agar semua kegiatan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat Nagari Lingkuang Aua.

                                                                                                                                                           (aan/ppm/2022)