Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : admin

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, Launching Aplikasi Dasawisma “Jembatan Asa Pasaman Barat”

Simpang Empat_24 Mei 2022.

         Sudah dilaksanakan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, Launching Aplikasi Dasawisma “Jembatan Asa Pasaman Barat” pada Selasa Tanggal 24 Mei 2022 bertempat di Kantor Wali Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang dibuka oleh Wakil Bupati Pasaman Barat yang dimulai pukul 08.00 Wib s.d 13.30 Wib. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, Forkompimda Kabupaten Pasaman Barat, DPMD Provinsi Sumatera Barat, PKK Provinsi Sumatera Barat, Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat beserta pengurus, Kepala OPD se Kabupaten Pasaman Barat, Camat se Kabupaten Pasaman Barat, Forkopimca Kecamatan Kinali, Kepala UPT se Kecamatan Kinali, Wali Nagari Se Kabupaten Pasaman Barat, Ketua Bamus Kinali beserta anggota, Ketua TP.PKK Kecamatan beserta pengurus , Ketua TP.PKK Nagari beserta pengurus, Para kader, tokoh masyarakat, cadiak pandai, dai, Kepala Jorong, dll.

         Rangkaian kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma, Launching Aplikasi Dasawisma “Jembatan Asa Pasaman Barat” adalah Pembukaan oleh MC, Tari pasambahan oleh siswa SMA Kinali, Laporan ketua panitia oleh Kadis DPMN, Sambutan Wali Nagari Kinali, Sambutan Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat, Tari Reog Ponorogo oleh kesenian Tari Sumber Agung, Sambutan Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat, Sambutan Bupati Pasaman Barat sekaligus Launching Aplikasi Dasawisma “JEmbatan Asa Pasaman Barat” , Penayangan video Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat, PEnyerahan secara simbolis alat goro dari sponsor “Bank Nagari”, Donor Darah, Cek Kesehatan Gratis,Goro Bersama di Langgam.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kadis DPMN Kabupaten Pasaman Barat, Randy Hendrawan, S.IP., M.Si.,  disampaikan bahwa

  • Dasar pelaksanaan : kegiatan ini terlaksana berdasarkan:
    • surat Gubernur Sumatera Barat Nomor : 411.2/183/DPMD-2022 Tanggal 22 Maret 2022 Perihal Pencanangan dan Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2022.
    • Surat Bupati Pasaman Barat Nomor Tanggal 19 Mei 2022 Perihal “ Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Bulan Bhakti Dasawisma, Launcing Aplikasi “Jembatan Asa” dan Persiapan Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Nagari Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat.
    • Surat Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat Tentang Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan Launching Aplikasi “Jembatan Asa Pasaman Barat”.
    • DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat Tahun Anggaran 2022.
    • Bantuan lainnya yang tidak mengikat.
  • Tema : Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Bulan Bhakti Dasawisma, Launcing Aplikasi “Jembatan Asa” dan Persiapan Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 adalah : melalui Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Bulan Bhakti Dasawisma, Launcing Aplikasi “Jembatan Asa” kita kolaborasikan 50 tahun Gerakan PKK dengan pemerintah berbakti untuk bangsa berbagi untuk sesama.
  • Pembiayaan kegiatan ini dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasaman Barat Tahun Anggaran 2022, DPA DPMN Tahun 2022 dan bantuan lainnya yang tidak mengikat.
  • Kegiatan dan pelaksanaan : Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini adalah rangkaian pembukaan dan ceremonial Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Bulan Bhakti Dasawisma, Launcing Aplikasi “Jembatan Asa” dan melaksanakan gotong royong Bersama dalam rangka Persiapan Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.
  • Peserta : Adapun yang menjadi tamu dalam Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM), Bulan Bhakti Dasawisma, Launcing Aplikasi “Jembatan Asa” berjumlah ±250 orang yang terdiri dari tamu provinsi, kabupaten, kecamatan dan nagari.

        Sementara itu, Pada sambutan Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat disampaikan bahwa kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Bulan Bhakti Dasawisma rutin setiap tahun dilaksanakan pada tingkatan yang berbeda. Sebelumnya BBGRM dan Bulan Bhakti Dasawisma di tingkat Provinsi Sumatera Barat juga telah dicanangkan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, di Kabupaten Dharmasraya pada 9 Maret 2022 yang lalu dan saat ini di Tingkat Kabupaten Psaman Barat pencanangannya di pusatkan di lapangan depan Kantor Wali Nagari Kinali. Dipilihnya Kantor Wali Nagari Kinali sebagai lokasi pencanangan tahun 2022 ini adalah karena pada tanggal 2 Juni 2022 nanti Nagari Kinali akan mewakili Kabupaten Pasaman Barat untuk mengikuti lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Dan Tahun ini juga Dasawisma Bougenville 1 Jorong Bunuik telah mewakili Kabupaten Pasaman Barat mengikuti lomba Kader Dasawisma Beprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2 Februari 2022. Selanjutnya Ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan terima kasih kepada Nagari Kinali yang telah bersedia menjadi tuan rumah pencanangan tahun 2022 ini. Usai pencanangan ini rangkaian kegiatan akan di laksanakan satu bulan penuh di semua tingkatan mulai dari kabupaten, kecamatan hingga nagari. Sehingga dengan ini akan dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, Pengurus PKK, Kader dan Masyarakat yang harus terus dijaga dan dipelihara, sehingga semangat kegotong royongan terus tumbuh untuk meningkatkan kesejahteaan masyarakat melalui 10 program pokok PKK.

              Lebih lanjut, Pada sambutan Wakil Bupati Pasaman Barat dan pencanangan BBGRM, Bulan Bhakti Dasawisma dan Launching Aplikasi Dasawisma “Jembatan Asa Pasaman Barat” menyampaikan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia di peroleh dengan adanya gotong royong masyarakat secara Bersama. Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat. Semangat gotong royong ini harus terus kita pelihara sebagai budaya yang telah ada sejak lama, dengan BBGRM dan Bulan bhakti Dasawisma yang kita canangkan di Nagari Kinali ini, masyarakat akan semakin kompak dan bahu membahu dalam membangun nagari. BBGRM merupakan program dan kegiatan yang mencerminkan masyarakat kita, dan sebagai upaya menanamkan Kembali warisan luhur nenek moyang kita yang hampir punah. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan memelihara Kembali semangat kegotongroyongan di tengah masyarakat. Memang tidak mudah melestarikan semangat gotong royong ditengah-tengah kehidupan masyarakat, yang sekarang ini cenderung individual, cenderung menonjolkan persaingan daripada kebersamaan. (MM)