blog-img-10

Posted by : adminPN

DPMN BERSAMA BPOM PADANG MELAKSANAKAN PENGKADERAN KEAMANAN PANGAN DAN PENGAWASAN PANGAN DI NAGARI SASAK

PELATIHAN KADER KEAMANAN PANGAN DAN PENGAWASAN PANGAN DI NAGARI SASAK

Pelatihan Kader Keamanan Pangan di Nagari Sasak di adakan di Aula Perpustakaan Nagari Sasak mulai hari kamis-Jumat tanggal 6-7 Juli 2023 oleh BPOM Padang, Dinas Kesehatan, DPMN dan Puskemas Sasak Ranah Pasisie serta Perangkat Nagari Sasak yang termasuk dalam Tim Keaman Pangan.

Kader yang termasuk dalam pelatihan keamanan pangan mewakili dari Kader Sekolah, Kader Keluarga, Kader Masyarakat dan Kader PKP. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dimana di hari pertama melakukan pengambilan data pre intervensi dan pemberian materi dan di hari ke 2 latihan mengajar (micro teaching ) dan simulasi rapid test kitdan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 20 orang.

Pelatihan Kader Keamanan Pangan di berikan materi berupa, Keamana Pangan, 5 kunci keaman pangan , kerancunan, Intelerasi dan Alergi Pangan, Aplikasi Keamanan Pangan, Stunting dan Keamanan Pangan, 5 kunci ritel Pangan, 5 Kunci Pangan PSS, Gizi Seimbang dan 5 kunci Keamanan Sekolah.

Dimana tujuan pelatihan kader membentuk kader yang bisa lansung terjun ke masyarakat dalam sosialiasi serta memberikan wawasan kepada masyarakat tentang keamanan pangan serta bahaya yang di timbulkan oleh makanan yang tercemar baik itu cemaran Biologi, Fisik dan cemaran Zat Kimia yang berbahaya  lainnya seperi Boraks, Formaline, Rhodamin B dan Methanyl Yellow.

Pelatihan Keamanan Pangan juga memberikan waawasan seperti pengecekan Label kemasan, izin edar suatu barang dan dampak buruk kedaluwarsa suatu barang makanan juga memberikan informasi seperti pengurusan izin edar makanan dan minuman untuk diproduksi serta pengurusan SPP-IRT.

                                                                                                                                                                          (Aan/ADMIN PN/DPMN/2023)