blog-img-10

Posted by :

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM INFORMASI PROFIL DESA DAN KELURAHAN SE KABUPATEN PASAMAN BARAT

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM INFORMASI PROFIL DESA DAN KELURAHAN

SE KABUPATEN PASAMAN BARAT

 

Dinas pemberdayaan masyarakat dan Nagari melakukan BIMTEK PRODESKEL ke seluruh petugas IT di Nagari se Kabupaten Pasaman barat

BIMTEK PRODESKEL diadakan di hotel Pangeran Beach Kota Padang pada tanggal 2 November sampai 4 November 2022 dengan peserta Sekna, Kasi Pemerintahan dan Petugas IT Nagari.

Acara BIMTEK PRODESKEL di buka oleh Randy Hendrawan. SIP. M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari yang menyampaikan perlunya keseriusan Nagari dalam mengisi dan mengolah data yang ada di Aplikasi PRODESKEL. Dimana aplikasi PRODESKEL berisikan Potensi SDA, Potensi SDM, Potensi kelembagaan serta Potensi Prasara dan sarana. Karna tujuan PRODESKEL tersedianya pusat data Desa dan kelurahan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan sesuai dengan Peraturan Menteri dalan Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Selanjutnya Retma Nency. S.STP, selaku PSM Ahli Muda dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah provinsi Sumatera Barat yang menyampaikan pendayagunaan Data Profil Nagari dalam penyelenggaraan Pemerintah Nagari diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, dalam potensi Desa/Nagari serta data tingkat perkembangan Desa/Nagari dalam mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan Evaluasi

Selanjutnya Afrianto Z sebagai Trainer PRODESKEL Sumatera Barat menyampaikan teknis pengisian Prodeskel dan apa saja yang harus disi dalam Prodeskel seperti data keluarga, data potensi dan sarana prasarana baik itu cara penginputan data yang benar. Afrinato Z juga menjelaskan tata cara pengisian data agar lebih mudah di input dalam Aplikasi PRODESKEL dan juga menjelaksan tentang penanganan kendala teknis dalam proses input data.