blog-img-10

Posted by : admin

Bahas Ketahanan Pangan di Nagari, BRIN Kunjungi DPMN Pasaman Barat

Bertempat di Kantor DPMN Pasaman Barat, hari Kamis tanggal 13 Juli 2023, kunjungan Tim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) diterima oleh Kepala DPMN, Randy Hendrawan, S.IP, M.Si yang didampingi Sekretaris Halomoan, S.Sos, Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Nagari, Martha Yani, ST dan PSM Ahli Muda, Eksa Rahmayanti, SE, MM dan Riko Anjuja, S.IP.

Tim BRIN terdiri dari Ray Septianis Kartika, M.Si (Peneliti Ahli Madya), Adi Susendra, M. Sosio (Peneliti Ahli Muda) dan Rosidah, S.AP, M.AP (Peneliti Ahli Pertama) menyampaikan bahwa kehadiran BRIN untuk menyusun road map ketahanan pangan di Desa. Hal tersebut memerlukan sinergitas dengan OPD agar road map ketahanan pangan tersebut dapat bermanfaat bagi stake holders dalam membuat kebijakan terkait program dan kegiatan ketahanan pangan di Desa.

Lebih lanjut BRIN melakukan konfirmasi kegiatan ketahanan pangan di Nagari dan sinkronisasi data potensi nagari. 

Kepala DPMN menyampaikan bahwa sesuai amanat PMK 201/PMK.07/2023 tentang Pengelolaan Dana Desa, angka 20% untuk program ketahanan pangan, sudah dipenuhi Nagari di Pasaman Barat, bahkan angka tersebut melebihi dari yang disyaratkan jika dihitung total anggaran di masing-masing APB Nagari.

Randy menegaskan bahwa kegiatan ketahanan pangan di Nagari diawali dari perencanaan yang berkoordinasi dengan OPD teknis, sesuai dengan potensi dan karakteristik Nagari.

Pada kesempatan itu, Kepala DPMN mengucapkan terima kasih kepada OPD terkait atas bantuan dan kerjasamanya dalam mendukung kegiatan ketahanan pangan di Nagari.

"Kita siap dukung penuh BRIN untuk menyusun road map ketahanan pangan di Desa", ujar Randy.

Tim BRIN juga didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat, drh. Ekadiana Oktavia, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Yulina, S.Si, M.Si dan Peneliti Ahli Muda Bapelitbangda,  Yonerita. //Source"R.A11"//