TUPOKSI BAGIAN SEKRETARIAT


...

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagarii Kabupaten Pasaman Barat. Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari dalam pengoordinasian penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu dan tugas pelayanan administratif badan. Sekretaris membawahi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dan Sub Bagian Program dan Keuangan.

Dalam menyelenggarakan tugas, Sekretaris mempunyai fungsi:

  • Melaksanakan penyusunan rencana program kerja sub bagian umum
  • Menyusun prosedur kerja dalam hal pelaksanaan tata usaha dan ketatalaksanaan sesuai ketentuan yang berlaku
  • Mengendalikan surat masuk, surat keluar dan kearsipan
  • Merencanakan kebutuhan barang dan perlengkapan kantor
  • Mempersiapkan bahan pelaksanaan pengadaan, penyaluran, pemakaian, penggunaan dan penghapusan barang inventaris
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan administrasi pengguna dan pemakaian barang inventaris
  • Menyiapkan administrasi pengaturan urusan rumahtangga, keamanan kantor dan lingkungan serta rumahtangga
  • Mengatur pelaksanaan penggunaan dan pemakaian barang inventaris
  • Merencanakan keprotokolan kantor
  • Menyiapkan bahan pembuatan SKP setiap pegawai
  • Mengumpulkan, mengelola dan menyiapkan data kepegawaian kantor
  • Mempersiapkan bahan usulan kenaikan pangkat, gaji berkala pegawai
  • Mempersiapkan rencana kebutuhan pegawai kantor
  • Mempersiapkan bahan mutasi dan pemberhentian, teguran pelanggaran disiplin, pensiun dan surat cuti pegawai
  • Mempersiapkan bahan dan data pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan pegawai
  • Melaksanakan bahan rencana kesejahteraan pegawai
  • Mengkoordinir kehadiran pegawai
  • Membuat laporan kepegawaian dan daftar urut kepangkatan (DUK)
  • Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan yang telah dilaksanakan
  • Melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bagian umum
  • Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi tugas di bagian umum, kepegawai bagian keuangan dan bagian program
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.
  • Sekretariat

    BIDANG