PELATIHAN PERAN BAMUS DALAM PERENCANAAN NAGARI

  • Jan 28, 2021
  • Posting by Admin
  • Editor by PPM

...

Pelatihan peran Badan Permusyawarataan Desa (Bamus) dalam perencanaan Nagari dilaksanakan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari dengan peserta Bamus terpilih dari Nagari Kinali, Nagari Air Bangis dan Nagari Parik. Pelatihan dibuka oleh Etris Dsem, S.STP, M.Si selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari yang menyampaikan peran strategis Bamus dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 adalah sebagai penyelenggaraan urusan pemerintahaan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Etris Dsem juga menyampaikan fungsi Bamus adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengawasi kinerja kepala desa. Tugas Bamus di desa seperti mengali, menampung , mengelola, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelengarakan musyawarah Bamus, menyelenggarakan Musdes, menyelengarakan musdes khusus pilkades antarwaktu, membentuk panitian PILKADES, menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Permendes dan lembaga desa lainnya serta membahas dan menyepakati rancangan Perdes, membahas pengelolaan kekayaan desa, pengawasan kinerja kepala desa, menerima keluhan masyarakat tentang pelaksanaan pembangunan desa, mengevaluasi, LKPPD dan melaksanakan tugas lainnya.

...

Selanjutnya dilanjutkan oleh Mulyadi, SH selaku Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pasaman Barat. Menjelaskan teknis penyusuanan peraturan di Nagari, meliputi Dasar Hukum cara penulisan dasar hukum, serta menjelaskan legal drafting Perna.Selanjutnya dilanjutkan oleh Eka Kurniawan,ST Selaku PLT.Kasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dan Pemerintahan Nagari yang menyampaikan Penyusunan Tata Tertib Badan Permusywaratan Nagari yang bertujuan Mampu memahami muatan tata tertib Bamus Nagari, Mampu memahami tata cara penyusunan tata tertib Bamus Nagari, Mampu dan terampil dalam menyusun tata tertib Bamus Nagari.

Eka Kurniawan juga menjelaskan kewenangan Bamus di Desa seperti mengadakan pertemuan dengan masyarakat, menyampaikan aspirasi masyarakat kepada PEMNAG, mengajukan RANPERDES, melakukan MONEV kinerja Wali Nagari, meminta keterangan tentang penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, menyatakan pendapat atas penyelenggaraan Pemerintahan Nagari, mengawal aspirasi masyarakat dan menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.