Pertemuan Pemuktahiran Data E-PPBGM

  • Okt 07, 2019
  • Posting by Admin
  • Editor by Mildasari

...

Kegiatan pertemuan pemutakhiran data E-PPGBM dilaksanakan berdasarkan surat dari Direktur Pusat Pengembangan Kesehatan Global Unand Nomor : 35/LP2MUN-GH/X/19 Tanggal 1 Oktober 2019 Perihal Kegiatan Pertemuan Pemutakhiran Data E-PPGBM dan Hasil Timbang Posyandu Agustus untuk Persiapan Rembug Stunting Nagari dengan kehadiran Narasumber Prof. dr. FAsli Jalal, Ph.D,Sp.Gk.Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Irwan. Pada sambutannya Drs. Irwan menyampaikan Selamat Datang kepada Bapak Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D,Sp.Gk, kepada rombongan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Universitas Andalas, yang selama berada di Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan kesan dan pengalaman yang baik sehingga penanganan stunting di Kabupaten Pasaman Barat lebih terpadu, terarah dan tepat sasaran.

...

Lebih lanjut, Bupati Pasaman Barat menyampaikan bahwa sejak tahun 2017 pemerintah Kabupaten PAsaman Barat bersama seluruh pemerintah nagari telah melaksanakan beberapa langkah diantaranya : penanganan konvergensi gizi spesifik yang dilaksanakan oleh unsur teknis dari Dinas Kesehatan meliputi intervensi ibu dan anak serta konvergensi gizi sensitive yang mepengaruhi 70 % penyebab utama stunting seperti penggunaan jamban, air bersih dan PHBS, menetapkan program 3 x 1000 jamban setiap tahunnya, konvergensi gizi spesifik, menaikkan honor kader posyandu, pemberian BOP posyandu, mendorong sarana dan prasarana posyandu seperti gedung dan peralatan yang dibutuhkan posyandu, dan pembuatan regulasi Peraturan Bupati Pasaman Barat nomor 33 dan 34 tahun 2019, pembentukan dan pemberian insentif bagi Kader BKB, peningkatan kapasitas kader kesehatan di nagari dan Kabupaten Pasaman Barat serta beberapa aplikasi sudah dibuat untuk pencegahan dan penanggulangan stunting diantaranya : SIPONDPMN, E-PPGBM, PISPK, SISTER yang dikelola oleh DPMN, Bappeda dan Dinas Kesehatan.

Setelah pembukaan secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat, acara dilanjutkan Workshop yang disampaikan oleh Prof.dr.FASLI JALAL, Ph.D,Sp.GK, yang menyampaikan tentang penyebab utama stunting dan dampak stunting. Lebih lanjut disampaikan bahwa data by name by address menjadi bagian penting dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Data menjadi hal yang utama sehingga konvergensi pihak terkait bisa dilaksanakan. Konvergensi harus menyatu, tidak tumpang tindih dan tidak saling berbenturan. Pada seksi akhir, peserta yang dari TPG dan KPM dikelompokkan berdasarkan kecamatan untuk dimintai kelengkapan data E-PPGBM dan pengisian format sarana dan prasarana posyandu.