COACHING CLINIC APLIKASI SIPADES

  • Jan 26, 2021
  • Posting by Admin
  • Editor by PPM

...

Coaching clinic aplikasi SIPADES melibatkan Kaur Umum dan Operator SIPADES dari 19 Nagari di Kabupaten Pasaman Barat, Etris Dsem, S.STP, M.Si selaku kepala Dinas Pemberdayaan Mayarakat dan Nagari mengatakan tujuan dari Coaching Clinic Aplikasi SIPADES Memberikan keseragaman dalam penatausahaan aset desa agar terwujud tertib administrasi pengelolaan aset desa, dengan cara Penggolongan dan Kodefikasi aset desa. Serta Sebagai acuan dalam menginventarisasi aset desa secara sistematis dengan pemberian kodefikasi pada aset-aset desa dengan asas, Pengelolaan, Kepastian hukum, Transparansi, Efisiensi, Akuntabilitas dan Kepastian nilai.

Etris Dsem, S.STP, M.Si, menekankan agar memperjelas seluruh aset Nagari serta membuatkan SK Wali Nagari siapa yang bertanggungjawab dalam pemegang aset Nagari tersebut, untuk meminimalisir terjadinya kehilangan aset Nagari baik itu berupa barang, dokumen dan tanah milik nagari.

...

Tujuan aplikasi SIPADES sebagai alat bantu dalam pencatatan aset Nagari dalam rangka mempermudah tata kelola aset Nagari, menertipkan kepemilikan set sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku dan mempermudah Wali Nagari dalam menyapaikan kekayaan milik Nagari serta mempermudah pelaksanaan kodefikasi aset Nagari.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa pada Pasal 7 Pengelolaan Aset Desa meliputi: perencanaan pengadaan penggunaan pemanfaatan pengamanan pemeliharaan penghapusan pemindahtanganan penatausahaan pelaporan penilaian pembinaan pengawasan dan Pengendalian.